Kamis, 07 Juni 2012

Rangkaian Teror di Papua.....



Papua...
Bagian paling timur Indonesia..
Bagian yang... menurut saya paling tidak dikenal oleh 240 juta penduduk Indonesia..
Bagian yang paling jarang di ekspose media Nasional, kecuali untuk berita konflik dan kekerasan...

Beberapa pekan ini Papua menjadi sorotan media, baik nasional maupun lokal. Hal ini, lagi-lagi, tidak lepas dari peristiwa konflik dan kekecauan yang terjadi di Jayapura. Suasana mencekam memang dirasakan hampir semua masyarakat yang tinggal di Kota dan kabupaten jayapura. Bagaimana tidak, rentetan kejadian penembakan seakan tidak berhenti terjadi.

Berdasarkan data yang saya kumpulkan dari media massa dan berita yang bereda via sms, dan dari mulut kemulut, ada sekian banyak peristiwa yang mencekam ini:



1. Dimulai dari terjadinya penembakan warga Jerman pada tanggal 29 Mei 2011 di pantai Base-G Jayapura.
2. Tanggal 3 Juni, 1 orang meninggal dunia karena ditusuk orang tak dikenal sebanyak 14 kali tusukan di daerah Waena.
3. Tanggal 4 Juni 2012, 1 orang meninggal dunia saat aksi demo KNBP terjadi, belum jelas sebab meningalnya, karena banyak luka2.
4. Tanggal 4 Juni 2012, 3 orang dilarikan ke rumah sakit karena massa KNPB mengamuk saat pembubaran demo oleh aparat di beberapa area (Abepura, waena, hawai, dll)
5. Tanggal 6 Juni 2012, Franky Kune, Anggota Denzipur/X-Waena ditembak oleh 2 pengendara motor di jalan Abepura-Entrop pada jam 21.45 WIT. Saat ini kondisinya masih agak kritis. Dia ditembak di bagian rahang sebelah kanan tembus hingga sebelah kiri
6. 7 Juni 2012, Ikbal Rivai dan Hardi Jayanto ditembak orang tak dikenal di APO Bengkel. Dua2nya ditembak di bagian pinggang. Sekarang keduanya masih dirawat di rumah sakit Dok II Jayapura
7. hingga tadi malam sudah 3 orang yang meninggal ditembak, ada jg yang dipanah dan luka2

Kabar terakhirnya adalah ditangkapnya Ketua umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Buchtar Tabuni pada tanggal 7 Juni 2011 oleh Tim Buru Sergap Polda Papua bersama 2 orang anggotanya terkait serangkaian peristiwa di Jayapura, termasuk penikaman yang mengakibatkan seorang mahasiswa tewas, unjuk rasa yang tidak direkomendasikan dan berakhir rusuh, juga hasutan, ajakan dan himbauan kepada massa untuk berbuat anarkis atau melanggar hukum. Sementara untuk kasus penembakan masih akan didalami lagi pelakunya.

Selain rentetan upaya pembunuhan di atas... teror lain muncul:
1. Tanggal 6 Juni, ditemukan bom di Kantor DPRP Papua
2. Juga beredar sms yang menyatakan bahwa Buchtar Tabuni menghimbau masyarakat agar melakukan teror terhadap pendatang... (it sounds like a big terror......)

Hmmmmm ......

Catatan saya:
1. Siapapun orangnya, organisasinya, kepentingannya, tidak ada yang berhak menghilangkan nyawa orang lain. Karena hal itu adalah pelanggaran HAM. Memperjuangkan HAM dengan cara melanggar HAM adalah perbuatan yang, menurut saya, lucu, aneh, dan nggak logis...
2. Aparat keamanan semestinya secepatnya menindak dan memproses pelaku di balik semua ini. Kenapa sepertinya lamban sekali.
3. Apapun alasannya, warga sipil di Papua jelas terancam kebebasannya akan rasa takut dan kehilangan nyawa. Karena sepertinya yang ditembak dan dibunuh, bukan hanya dari kalangan tentara.

Prediksi saya:
1. Raimuna yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 25 Juni s/d 1 Juli 2012 di Papua, tepatnya di Bumi Perkemahan Waena, akan memakan korban (walaupun saya berharap “tidak”)
2. Papua tidak akan pernah bisa maju jika situasi seperti sekarang ini tidak berubah

Strategi Saya:
1. Tidak keluar rumah pada malam hari, kecuali untuk hal-hal yang sangat mendesak
2. Mengubah rute perjalanan jika ada gerombolan orng di jalanan atau ada demonstrasi
3. Mengasuransikan diri saya dan keluarga, baik asuransi kecelakaan maupun asuransi kematian (terima kasih Prudential)

Saran buat teman-teman yang ada di papua.. Mungkin Anda bisa mengikuti strategi saya.. dan jika ada strategi lainnya yang bisa saya lakukan.. mohon masukannya

Anda bisa menghubungi saya di:
1. 081527751852
2. Siti.rohmanatin@gmail.com
3. https://www.facebook.com/siti.r.fitriani
4. Atau tinggalkan komentar anda di blog ini
5. Dan tinggalkan jejak anda pada Blog ini di kolom Pengikut/Follower.

Salam hangat
untuk Papua dan kehidupan yang lebih baik untuk kita semua
Siti Rohmanatin fitriani


Tambahan:
berita-berita papua bisa Anda baca di:
1. http://www.cenderawasihpos.com
2. http://bintangpapua.com/

1 komentar:

  1. Tadi malam, tanggal 10 Juni 2011, LAGI... 1 orang meninggal dunia karena ditembak di depan Universitas Cenderawasih Abepura....

    BalasHapus