Sabtu, 02 Juli 2011

Diklat Pendamping Distrik dan Kampung Kabupaten Jayapura

Oleh: Siti Rohmanatin Fitriani*


Dalam rangka memberdayakan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesejahteraan sosial di tingkat kampung dan distrik di Kabupaten Jayapura, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura bekerjasama dengan Pemerintah Daerah kabupaten Jayapura menggelar "Diklat Pengembangan Metode Pemberdayaan Pendamping Distrik dan Kampung". Diklat ini selain dimaksudkan untuk menanamkan kesadaran dan perubahan positif terhadap kualitas kinerja pendamping distrik dan kampung, juga sebagai salah satu alternatif aplikasi metode diklat yang diharapkan bisa menjadi suatu model untuk direplikasi dalam diklat-diklat lain.



Diklat ini dilakukan selama 3 hari, dari tanggal 30 Juni s/d 2 Juli 2011, bertempat di kampus BBPPKS Jayapura. Peserta terdiri dari 64 pendamping Wilayah I Kabupaten Jayapura. Materi dibagi menjadi 3 bagian: 1) indoor, 2) outdoor, dan 3) outbound. Materi indoor diberikan pada hari pertama. Outdoor dan outbound dilakukan pada hari kedua dan ketiga.



Diklat ini dibuka secara resmi oleh Sekertaris Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial, Dra. Umi Ratih Santoso, MPA. Sementara penutupan dilakukan secara resmi oleh Bupati Kabupaten Jayapura, Habel Melkias Suwae, MM. Acara penutupan juga dihari oleh Kepala Bappeda Pemerintah Kabupaten Jayapura, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Kabupaten Jayapura, serta kepala distrik dan kampung di wilayah kabupaten Jayapura. Yang unik dari seremonial ini adalah upacara penyambutan Bupati yang dilakukan secara adat dimana bupati diberi kalung hati dan topi Papua, kemudian diangkat oleh peserta menuju ke Aula dengan diiringi tarian Yospan, tarian tradisional Papua. Dalam sambutannya, Bupati meminta kepada Kepala Bappeda untuk melakukan diklat ini untuk pendamping pendamping dari wilayah II, III, dan IV.



* Penulis adalah Widyaiswara BBPPKS Jayapura, dengan Nip 19810729 200902 2 001

1 komentar: